Prioritaskan Keselamatan Berlalu Lintas, Dishub Laksanakan Ramp Check Bus Menjelang Nataru

Prioritaskan Keselamatan Berlalu Lintas, Dishub Laksanakan Ramp Check Bus Menjelang Nataru

Pati, 21 Desember 2022

Hari raya Natal Tahun 2022 dan Tahun baru 2023 segera tiba, untuk mengantisipasi kerawanan berlalu lintas khusunya keselamatan di jalan raya Dinas Perhubungan bersama instansi terkait pada hari Selasa, 20 Desember 2022 melaksanakan kegiatan Pemeriksaan kelaikan (Ramp Check) terhadap bus penumpang umum dan angkutan barang di ruas Jalan Raya Pati - Kudus Km 4 tepatnya didepan Plaza Pragolo. Dalam kegiatan tersebut Dishub melibatkan petugas dari Satlantas PolresPati, Balai Pengelola Sarana Dan Prasarana Perhubungan Wilayah II dan Jasa Raharja Kantor Perwakilan Pati.

Kepala Dinas Perhubungan Teguh Widyatmoko melalui Kepala Bidang Pengendalian Dan Operasional Nita Agustiningtyas menyampaikan bahwa kegiatan pengecekan kelaikan terhadap bus dan angkutan barang meliputi aspek administrasi dan aspek teknis. Aspek kelaikan administrasi meliputi kelengkapan, keabsahan surat - surat kendaraan dan masa berlaku, adapun kelaikan teknis meliputi kondisi rem, lampu - lampu, wiper, alat pemecah kaca, kondisi ban, klakson, tabung pemadam kebakaran dll. Nita menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan beberapa kali termasuk nantinya akan dilaksanakan di terminal penumpang umum sebagai simpul transportasi naik dan turun penumpang. 

Dari sekitar 30 kendaraan bus dan angkutan barang yang dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan pelanggaran kelaikan administrasi dan kelaikan teknis namun petugas tetap memberikan himbauan agar pengemudi selalu berhati - hati saat berkendara, pengemudi harus menjaga waktu kerja mengemudi apabila lelah wajib untuk beristirahat. Harapan dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memantau kondisi kelaikan bus dan angkutan barang selama masa Nataru agar keselamatan berlalu lintas benar - benar terwujud.