Jamin Kualitas Pelayaan, Dishub Pati Terima Tim Penilai Akreditasi Pelayanan Uji Berkala

Jamin Kualitas Pelayaan, Dishub Pati Terima Tim Penilai Akreditasi Pelayanan Uji Berkala

UPUBKB (Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor) merupakan salah satu layanan di Dinas Perhubungan Kabupaten Pati yang sangat berkaitan erat dengan aspek keselamatan dan kelaikan kendaraan. Sebagai upaya untuk tetap menjaga pelayanan pengujian berkala kendaraan bermotor berjalan dengan baik, tepat, akurat, tertib, cepat dan berkualitas Dinas Perhubungan secara rutin mengajukan penilaian akreditasi kepada Kementerian Perhubungan. Akreditasi pada tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2022 dihadiri oleh tim penilai dari Direktorat Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, BPTD X WIlayah Jateng dan DIY serta IPKBI (Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia). Pada pelaksanaan akreditasi dilakukan penilaian aspek teknis dan aspek administrasi dari pelayanan pengujian kendaraan bermotor meliputi kondisi alat uji kendaraan, ketersediaan dan kompetensi petugas, SOP pada pelayanan serta kondisi sarana dan parasarana yang ada.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pati Teguh Widyatmoko melalui Sekretaris Dinas Eko Budi Santosa menyambut baik kedatangan tim penilai akreditasi dan sangat berharap penilaian dilaksanakan secara objektif melihat kondisi yang ada dengan harapan dari hasil penilaian dapat memberikan saran dan masukan untuk perbaikan kualitas pelayanan. Kondisi alat uji yang ada saat ini sudah baik walaupun beberapa alat uji sudah berumur dikarenakan pengadaannya tahun 2003 namun secara rutin dilakukan pemeliharaan. Keakuratan alat uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Pati dibuktikan dengan telah lulusnya semua alat uji pada saat dilaksanakan kalibrasi dari petugas BPTD X Jateng dan DIY.

Ada beberapa masukan yang disampaikan oleh tim penilai akreditasi diantaranya proses nontunai pembayaran retribusi lebih dioptimalkan kembali dengan menambah variasi metode pembayaran untuk memudahkan pemilik kendaraan dalam membayar. Selain itu juga kondisi gedung layanan perlu direnovasi karena umurnya sudah tua dan ruang tunggu yang kurang representatif. Petugas penilai Akreditasi juga memberikan apresiasi terhadap inovasi - inovasi yang sudah dilaksanakan cukup baik dan sangat membantu pemilik kendaraan diantaranya bengkel perbaikan, layanan hantaran tanda bukti lulus uji dan beberapa fasilitas penunjang yang cukup bagus. Semoga kedepan dengan pelaksanaan penilaian akreditasi ini akan lebih memacu Dinas Perhubungan Kabupaten Pati dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.